Tips Dekorasi Rumah Dan Cara Merawat Interior Rumah

Dekorasi rumah yang unik dengan batik. Batik, sebuah nama yang sangat melekat di benak masyarakat Indonesia. Tak dapat dipungkiri batik senantiasa hadir dalam keseharian kita. Dahulu, batik hanya sering terlihat dikenakan pada acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan, acara kantor, ataupun seremonial-seremonial resmi lainnya.Penggunaan batik pun dulu masih didominasi oleh orang tua. Memang ada beberapa anak muda yang sudah menggunakannya, namun hanya sebagian saja. Sebagian yang lain masih menganggap bahwa batik kurang cocok bagi mereka.

Hal ini ada benarnya, karena desain dan motif batik belum seramai sekarang. Saat ini batik semakin dicintai baik oleh yang muda maupun tua. Bahkan cukup banyak anak-anak muda penuh kreatifitas yang memadu padankan batik dengan kain lainnya hingga menjadi sebuah produk fashion yang kekinian.

Salah satu inovasi dalam memperluas pemanfaatan batik adalah dengan menggunakannya sebagai elemen untuk mempercantik ruangan. Yup, batik bisa digunakan sebagai alternatif dekorasi ruangan yang unik.


Batik untuk dekorasi ruangan biasanya digunakan untuk sarung bantal, taplak meja, atau juga bisa sebagai bantalan kursi.Umumnya kain batik akan diimplementasikan pada perabot rumah yang memiliki tema tradisional atau antik. Lumrah, karena batik kental dengan nuansa etniknya. Namun sebenarnya Anda pun dapat memadupadankan batik dengan perabot rumah tangga yang bernuansa modern ataupun minimalis.

Perabot bernuansa modern dan minimalis seringkali menjadi pilihan favorit bagi anak-anak muda ataupun keluarga muda untuk mengisi rumahnya. Tips nya adalah dengn tetap menjaga keselarasan antara kain batik dengan perabot itu tadi. Salah satunya adalah dengan menyamakan tema warnanya.

Ada beberapa tips dekorasi rumah dengan batik yang dapat menjadi perhatian saat hendak menggunakan batik untuk mempercantik hunian.

Seperti kita ketahui, tiap daerah memiliki ragam batik yang berbeda-beda pula. Khususnya mengenai polanya. Ada banyak sekali pola batik yang ada di Indonesia ini. Tips pertama adalah jangan tergoda untuk menggunakan banyak jenis pola yang berbeda-beda dalam satu ruangan.

Menggunakan satu atau dua motif batik untuk satu ruangan, misalkan ruang tamu akan lebih ideal ketimbang menggunakan lima atau bahkan enam motif batik. Kesannya akan jauh berbeda.

Menggunakan sedikit motif akan menonjolkan kesan eksklusif dari batik itu sendiri. Hal ini lah yang sebenarnya menjadi kekuatan dari batik tersebut. Keunikan yang ekslusif.

Akan berbeda ceritanya apabila menggunakan terlalu banyak motif untuk diaplikasikan dalam satu ruangan. Kesan eksklusif akan memudar, berganti dengan kesan “ramai” dan “murah”. Bahkan bisa jadi antar motif batik tersebut akan saling bertabrakan.

Tips kedua adalah mengenai pemilihan warna batik yang akan digunakan sebagai dekorasi rumah. Dalam pemilihan warna akan lebih baik bila kita memperhatikan warna ruangan terlebih dahulu. Kita dapat memilih warna batik yang senada dengan tema warna pada ruangan.

Apabila ruangan terdiri dari berbagai elemen warna, pilihlah batik yang senada warnanya dengan warna dominan pada ruangan. Hal ini diharapkan dapat membuat dekorasi batik menjadi menyatu dengan ruangan.

Tips ketiga adalah berhubungan dengan pemilihan perabot rumah. Misalkan Anda memang ingin menggunakan batik sebagai dekorasi rumah, maka usahakan perabot pendampingnya memiliki warna polos atau tanpa motif dan gambar, entah itu sofa, kursi, meja, ataupun karpet.

Contohnya, bantal batik akan lebih terlihat keren apabila diletakkan di atas sofa yang berwarna polos, misalkan warna khaki, cokelat, atau hitam. Apabila bantal batik diletakkan di atas sofa yang sudah bermotif tentu akan kurang bagus hasilnya, karena akan bertabrakan antara motif sofa dan motif pada bantal batik.

 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mendekorasi Rumah

Halo Gais ketemu lagi nih sama Dekor-Rumah. Kali ini yuk kita sama-sama bicara mengenai dekorasi rumah. Berbicara masalah dekorasi rumah pasti banyak sekali gambaran yang muncul di kepala kita ya Gais. Ada yang mungkin mulai berpikir untuk melakukan dekorasi ruangan keluarga, atau barangkali Gais sedang merencanakan dekorasi kamar, entah itu kamar Gais ataupun kamar anak.

 

Nah namun pada artikel kali ini bukan tentang proses dekorasi rumahnya yang akan kita bahas melainkan tahapan sebelum dekorasi rumah itu dijalankan. Yup kita akan sama-sama melihat apa saja sih yang perlu kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendekorasi rumah Gais.

Pertimbangan Pertama, Keterdesakan

Yup, keterdesakan adalah kata kunci pertama. Keterdesakan dalam hal ini bukan dalam artian rumah Gais sempit hingga penghuni rumahnya berdesak-desakan lho ya. Keterdesakan yang dimaksud adalah dalam artian seberapa pentingkah rencana dekorasi yang akan dilakukan.

Kita semua tentu memahami bahwa proses dekorasi rumah membutuhkan effort yang tidak sedikit. Selain biaya, ada dua hal lain yang juga menjadi elemen penting, yaitu waktu dan tenaga. Nah, apakah alasan Gais untuk mendekorasi rumah sudah kuat ?

Misalkan, Gais sangat butuh untuk mendekorasi suatu ruangan karena ruangan tersebut akan dialihfungsikan, dari yang sebelumnya merupakan gudang kemudian Gais berencana untuk mengubahnya menjadi ruang belajar atau ruang kerja. Tentunya Gais perlu menata ulang dekorasi ruangan tersebut agar menjadi ruang belajar yang nyaman ataupun ruang kerja yang dapat mendukung aktivitas dan produktivitas Gais.

Apabila Gais merasa belum memiliki alasan yang kuat untuk mendekorasi rumah, misalkan hanya karena bosan, akan lebih bijaksana apabila kita menunggu alasan lain yang lebih kuat, mengingat usaha yang dilakukan untuk melakukan dekorasi rumah cukup besar. Jangan sampai karena lemahnya alasan menyebabkan proses dekorasi rumah berhenti di tengah jalan.

Pertimbangan Kedua, Budget

Oke, misalkan Gais memiliki pertimbangan yang kuat untuk melanjutkan rencana mendekorasi rumah maka langkah selanjutnya adalah menentukan seberapa besar budget yang akan digunakan untuk dekorasi.

Menentukan budget di awal akan sangat berguna dalam memetakan langkah selanjutnya. Dengan perkiraan budget yang sudah diketahui dan disepakati bersama maka akan meminimalisir kemungkinan berhentinya proses renovasi atau dekorasi di tengah jalan. Hal ini dikarenakan Gais sudah memiliki batasan-batasan sampai sejauh mana dekorasi rumah yang akan dilakukan. Dengan ini, dana yang tersedia akan lebih tepat sasaran.

Pertimbangan Ketiga, Daftar Prioritas

Apabila alokasi dana sudah ditentukan, maka ibarat seorang wisatawan, Gais sudah menentukan berapa uang saku yang akan Gais bawa dan berapa lama Gais akan melakukan perjalanan wisata tersebut. Nah kemudian, yang menjadi pertimbangan selanjutnya bagi si wisatawan adalah mana yang harus didahulukan.

Saat sang wisatawan datang berkunjung ke suatu kota yang penuh dengan tempat-tempat yang dapat dieksplor / jelajahi, maka satu hal yang perlu dilakukan adalah menentukan skala prioritas. Yup, sang wisatawan perlu membuat daftar tujuan wisata yang akan dituju.

Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan membuat daftar prioritas Gais dapat memaksimalkan waktu, tenaga, dan dana yang telah dialokasikan untuk berlibur. Hal ini berlaku juga dalam proses dekorasi rumah. Ketika alokasi dana sudah ditentukan, waktu telah ditetapkan maka perlu dibuatlah daftar proses mana saja yang perlu didahulukan.

Daftar prioritas iniah yang nantinya akan meningkatkan efektivitas dari pertimbangan kedua, yaitu budget atau alokasi dana.

Yup, dengan memperhatikan ketiga hal tadi semoga rencana Gais dalam melakukan dekorasi dapat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Renovasi dan Dekorasi Taman Rumah impian anda

Anda memiliki taman di rumah Anda ? Apakah taman Anda telah terkonsep dan tertata dengan baik ? Apabila belum maka ada baiknya untuk mulai merenovasinya. Melakukan dekorasi ulang taman tidak selalu berhubungan vegetasi / tanaman yang ada di taman Anda. Dekorasi taman juga berhubungan dengan berbagai elemen pembentuk taman, seperti elemen air, hardscape, softscape. Elemen-elemen ini juga penting untuk dipertimbangkan sebagai bagian untuk memperindah taman.

Elemen keras atau “hardscape” dapat digunakan untuk meningkatkan karakter dari taman. Jenis-jenis elemen keras ini bervariasi seperti kayu,batu koral, batu alam, batu bata, dan bahan-bahan lainnya. Pada umumnya elemen ini diimplementasikan pada dinding taman dan pinggiran taman.

Elemen lembut atau “softscape” diperlukan untuk menimbulkan kesan nyaman dan menghilangkan kesan kaku pada taman Anda. Vegetasi seperti semak-semak, rerumputan, tanaman bunga, pohon, dan lain sebagainya merupakan bagian dari elemen lembut ini.

Elemen air yang sering digunakan untuk dekorasi taman adalah air mancur, kolam ikan, air terjun, hingga kolam air tenang. Anda dapat memilih yang sesuai dengan karakter yang ingin dibangun pada dekorasi taman Anda.

Sedikit tips untuk mengurangi “kekakuan” pada elemen keras seperti dinding taman adalah dengan membuatnya tampak tak beraturan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Anda pun dapat berbagi artikel ini dengan teman Anda melalui logo social media dan social bookmark di bawah ini. Selamat berbagi.

Incoming search terms:

Tags: dekorasi rumah rumah idaman

author
Author: 

Related Post "Tips Dekorasi Rumah Dan Cara Merawat Interior Rumah"

How to Play Mobile Legends Bang Bang On PC
How to Play Mobile Legends Bang Bang
The notion of domains, Url, Hosting and Server
The notion of domains, Url, Hosting and
Life Insurance Must You know
Life Insurance Must You know - This
Apa dan Definisi Om Telolet Om yang sedang Booming
Apa dan Definisi Om Telolet Om yang

Leave a reply "Tips Dekorasi Rumah Dan Cara Merawat Interior Rumah"